Kamis, 08 Mei 2014

Kepuasan dan Ketidakpuasan pada Masyarakat dan Organisasi / Perusahaan



Analisis Ketidakpuasaan Pelanggan – Dinoyo Digital Printing

Sebuah organisasi atau perusahaan memerlukan sebuah strategi dan pengamplikasian tentang pelayanan prima untuk setiap pelangannya. Baik buruk nya sebuah pelayanan yang diberikan kepada pelanggan akan mempengaruhi bagaimana citra perusahaan tersebut di mata masyarakat. Selain pelayanan prima sebuah perusahaan juga harus memperhatikan bagaimana  produknya dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Memerlukan berbagai macam aspek untuk dapat meraih kepuasaan dan loyalitas pelanggan. Sebaliknya kualitas pelayanan yang tidak prima, produk yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

Dinoyo Digital Printing merupakan tempat untuk mencetak berbagai macam desain paper, brosur, poster, stiker, dan banner. Tidak sedikit mahasiswa dalam urusan cetak-mencetak menggunakan jasa dari dinoyo digital printing. Melalui sebuah observasi dan survey yang kami adakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dan produk dari Dinoyo Digital Printing. Dari quisioner yang sebar di kawasan kampus, didapatkan hasil banyak mahasiswa yang mengetahui atau pernah menggunakan jasa Dinoyo Digital Printing. Dari hasil survey juga kami menyimpulkan banyak diantara pelanggan yang pernah menggunakan jasa Dinoyo Digital printing merasa tidak puas akan pelayanan yang mereka dapatkan. Pelayanan yang tidak prima membuat pelanggan Dinoyo Digital Printing tidak puas, Faktor yang membuat pelanggan Dinoyo Digital Printing tidak puas diantaranya adalah :
  1. Pelayanan yang tidak ramah oleh pemilik Dinoyo Digital Printing, si pemilik sering memarahi karyawannya bahkan pelanggan membuat suasana di dalam toko tersebut tidak nyaman.
  2. Pelayanan yang tidak optimal oleh karyawan Dinoyo Digital Printing, karyawan yang ada disana tidak cepat dan tanggap dalam melayani pelanggan sehingga membuat para pelanggan menunggu lama.
  3. Pelayan yang tidak dapat memahami dan mengerti akan kebutuhan dan permintaan pelanggan, karyawan disana kadang tidak benar saat mencetak pesanan dari pelanggan sehingga pelanggan harus komplain terlebih dahulu
  4. Ada beberapa karyawan di dinoyo digital printing yang tidak menguasai aplikasi dalam mencetak sehingga pekerjaan di oper-oper ke karyawan yang lain dan hal ini juga akan memperlama penaganan dalam mencetak.
  5. Ketepatan waktu dalam pengkerjaan yang belum sesuai dengan deadline yang dibuat. Misalkan saat mencetak brosur dijanjikan diambil besok pagi jam 8, namun saat didatangi ternyata brosur masih belum jadi.

Jadi dari hasil yang kami dapatkan setelah melakukan survey dan membagi quisioner, hasilnya menunjukkan mayoritas mahasiswa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh dinoyo digital printing hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor diatas. Menurut Richard Gerson pelanggan dikatakan puas apabila presepsi pelanggan bahwa harapannya terpenuhi dan terlampaui, dalam hal ini pelayanan yang dinoyo digital printing berikan tidak memenuhi apa yang diinginkan pelanggan maka pelanggan akan mengalami ketidakpuasaan dalam menerima pelayanan. Hal itu akan berdampak terhadap dinoyo digital printing pelangganya akan berkurang dan citra mereka akan menurun karena pelanggan yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang mereka berikan  pelanggan tidak akan kembali lagi dan bahkan pelanggan akan menceritakan ketidakpuasan yang dialami kepada rekan-rekannya.

Manfaat yang kami dapatkan setelah survey yaitu kami menjadi mengetahui bahwa sebagian besar mahasiswa merasa tidak puas dan kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh dinoyo digital printing dan kami juga mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat mahasiswa/pelanggan tidak puas. Namun survey ini juga bermanfaat bagi dinoyo digital printing karena dari hasil survey yang kami lakukan akan menjadi saran dan masukan yang akan membangun kinerja dari dinoyo digital printing menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan. Dan dinoyo digital printing menjadi tau hal-hal apa saja yang diinginkan pelanggan maka mereka akan memberikan pelayanan yang terbaik dan pelanggan menjadi puas sehingga pelanggan mau memakai kembali jasa di Dinoyo Digital Printing.

Analisis Kepuasan Pelanggan – Indomaret

Organisasi yang kami pilih untuk mengukur kepuasaan pelanggan adalah Indomaret. Indomaret adalah sebuah waralaba dalam bidang mini market yang kali ini sedang memperluas bisnisnya. Hal ini terlihat dari banyaknya Indomaret yang tersebar diseluruh kota. Menjamurnya Indomaret di Indonesia kali ini karena konsumen Indonesia senang dengan tempatnya yang bersih, rapi dan juga pelayanannya yang ramah. Indomaret tidak hanya menjual barang saja, tapi Indomaret juga memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Misalnya, ketika memasuki Indomaret, konsumen diberi salam yang hangat dan ramah, selain itu ketika konsumen kebingungan mencari barang yang mereka inginkan konsumen dibantu dengan pegawai Indomaret dengan ramah. Berdasarkan hal tersebut,  konsumen di Indonesia lebih memilih berbelanja di Indomaret daripada di toko pracangan yang tradisional
Untuk mengetahui tingkat kepuasan dari konsumen Indomaret, kami telah menyebarkan beberapa kuisioner kepada mahasiswa. Dari hasil pengisian kuisioner tersebut didapatkan data bahwa mayoritas dari konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Indomaret. Indikator dari kepuasan konsumen yang kami tulis dikuisioner meliputi kebersihan tempat, dan juga pelayanan dari pegawai. Namun ternyata, adahal yang membuat konsumen sedikit tidak puas berbelanja di Indomaret yakni harga yang dibandrol oleh Indomaret yang dirasa konsumen cukup mahal. Sebenarnya, segala sisi yang ada pada Indomaret mempengaruhi puas dan tidaknya konsumen yang berbelanja di sana.
Dari surveri yang telah kami lakukan, kami dapat menarik kesimpulan dan dapat merumuskan sebuah konsep kepuasan pelanggan berdasarkan dari kuisioner yang telah kami sebar. Konsep tersebut , yakni:
1.   Konsumen akan puas ketika dibantu menyelesaikan masalahnya, misalnya dibantu ketika bingung mencari tempat barang yang ingin mereka beli
2.    Konsumen akan puas ketika mendapatkan sapaan ramah oleh pegawai. Namun sapaan ini pun harus bervariasi agar konsumen tidak bosan mendengar sapaan yang berulang-ulang kali diucapkan.
3.   Konsumen ketika mereka nyaman dalam berbelanja, misalnya berbelanja ditempat yang bersih dan barang-barang yang tersusun rapi.
4.    Konsumen akan puas jika barang yang mereka beli berharga murah namun berkualitas atau paling tidak sesuai dengan nilai barang tersebut. Ketika harga yang dibandrol jauh lebih mahal dari nilai barang tersebut, maka konsumen akan merasa tidak puas dan merasa telah dirugikan

Setelah melakukan survei tentang pelayanan yang dilakukan oleh salah satu minimarket yakni Indomaret, kami dapat menyimpulkan bahwa ternyata ketika kami menjual barang tidak hanya barangnya saja yang penting tapi pelayanan dari penjualan pun tidak kalah penting dari nilai barang itu sendiri. Survei tersebut sangat berguna bagi kami jika ingin membuka suatu bisnis baik barang maupunjasa untuk selalu memperhatikan pelayanan terhadap konsumen. Karena pelayanan yang baik akan menjaga loyalitas konsumen terhada produk kita.