Analisis Ketidakpuasaan Pelanggan –
Dinoyo Digital Printing
Sebuah
organisasi atau perusahaan memerlukan sebuah strategi dan pengamplikasian
tentang pelayanan prima untuk setiap pelangannya. Baik buruk nya sebuah
pelayanan yang diberikan kepada pelanggan akan mempengaruhi bagaimana citra
perusahaan tersebut di mata masyarakat. Selain pelayanan prima sebuah
perusahaan juga harus memperhatikan bagaimana
produknya dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Memerlukan
berbagai macam aspek untuk dapat meraih kepuasaan dan loyalitas pelanggan.
Sebaliknya kualitas pelayanan yang tidak prima, produk yang tidak dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Dinoyo Digital Printing merupakan tempat untuk
mencetak berbagai macam desain paper, brosur, poster, stiker, dan banner. Tidak
sedikit mahasiswa dalam urusan cetak-mencetak menggunakan jasa dari dinoyo
digital printing. Melalui sebuah observasi dan survey
yang kami adakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan
dan produk dari Dinoyo Digital Printing. Dari quisioner yang sebar di kawasan
kampus, didapatkan hasil banyak mahasiswa yang mengetahui atau pernah
menggunakan jasa Dinoyo Digital Printing. Dari hasil survey juga kami
menyimpulkan banyak diantara pelanggan yang pernah menggunakan jasa Dinoyo
Digital printing merasa tidak puas akan pelayanan yang mereka dapatkan.
Pelayanan yang tidak prima membuat pelanggan Dinoyo Digital Printing tidak
puas, Faktor yang membuat pelanggan Dinoyo Digital Printing tidak puas
diantaranya adalah :
- Pelayanan yang tidak ramah oleh pemilik Dinoyo Digital Printing, si pemilik sering memarahi karyawannya bahkan pelanggan membuat suasana di dalam toko tersebut tidak nyaman.
- Pelayanan yang tidak optimal oleh karyawan Dinoyo Digital Printing, karyawan yang ada disana tidak cepat dan tanggap dalam melayani pelanggan sehingga membuat para pelanggan menunggu lama.
- Pelayan yang tidak dapat memahami dan mengerti akan kebutuhan dan permintaan pelanggan, karyawan disana kadang tidak benar saat mencetak pesanan dari pelanggan sehingga pelanggan harus komplain terlebih dahulu
- Ada beberapa karyawan di dinoyo digital printing yang tidak menguasai aplikasi dalam mencetak sehingga pekerjaan di oper-oper ke karyawan yang lain dan hal ini juga akan memperlama penaganan dalam mencetak.
- Ketepatan waktu dalam pengkerjaan yang belum sesuai dengan deadline yang dibuat. Misalkan saat mencetak brosur dijanjikan diambil besok pagi jam 8, namun saat didatangi ternyata brosur masih belum jadi.
Jadi
dari hasil yang kami dapatkan setelah melakukan survey dan membagi quisioner, hasilnya menunjukkan mayoritas mahasiswa tidak puas dengan pelayanan yang
diberikan oleh dinoyo digital printing hal ini dipengaruhi oleh beberapa
faktor-faktor diatas. Menurut Richard Gerson pelanggan dikatakan puas apabila
presepsi pelanggan bahwa harapannya terpenuhi dan terlampaui, dalam hal ini
pelayanan yang dinoyo digital printing berikan tidak memenuhi apa yang
diinginkan pelanggan maka pelanggan akan mengalami ketidakpuasaan dalam
menerima pelayanan. Hal itu akan berdampak terhadap dinoyo digital printing
pelangganya akan berkurang dan citra mereka akan menurun karena pelanggan yang
merasa tidak puas dengan pelayanan yang mereka berikan pelanggan tidak akan kembali lagi dan bahkan
pelanggan akan menceritakan ketidakpuasan yang dialami kepada rekan-rekannya.
Manfaat
yang kami dapatkan setelah survey yaitu kami menjadi mengetahui bahwa sebagian
besar mahasiswa merasa tidak puas dan kecewa dengan pelayanan yang diberikan
oleh dinoyo digital printing dan kami juga mengetahui faktor-faktor apa saja
yang membuat mahasiswa/pelanggan tidak puas. Namun survey ini juga bermanfaat
bagi dinoyo digital printing karena dari hasil survey yang kami lakukan akan
menjadi saran dan masukan yang akan membangun kinerja dari dinoyo digital
printing menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan. Dan dinoyo digital
printing menjadi tau hal-hal apa saja yang diinginkan pelanggan maka mereka
akan memberikan pelayanan yang terbaik dan pelanggan menjadi puas sehingga pelanggan
mau memakai kembali jasa di Dinoyo Digital Printing.
Analisis Kepuasan
Pelanggan – Indomaret
Organisasi yang kami pilih untuk mengukur kepuasaan
pelanggan adalah Indomaret. Indomaret adalah sebuah waralaba dalam bidang mini
market yang kali ini sedang memperluas bisnisnya. Hal ini terlihat dari
banyaknya Indomaret yang tersebar diseluruh kota. Menjamurnya Indomaret di
Indonesia kali ini karena konsumen Indonesia senang dengan tempatnya yang
bersih, rapi dan juga pelayanannya yang ramah. Indomaret tidak hanya menjual
barang saja, tapi Indomaret juga memberikan pelayanan yang baik kepada
konsumen. Misalnya, ketika memasuki Indomaret, konsumen diberi salam yang
hangat dan ramah, selain itu ketika konsumen kebingungan mencari barang yang
mereka inginkan konsumen dibantu dengan pegawai Indomaret dengan ramah.
Berdasarkan hal tersebut, konsumen di
Indonesia lebih memilih berbelanja di Indomaret daripada di toko pracangan yang
tradisional
Untuk mengetahui tingkat kepuasan dari konsumen
Indomaret, kami telah menyebarkan beberapa kuisioner kepada mahasiswa. Dari
hasil pengisian kuisioner tersebut didapatkan data bahwa mayoritas dari
konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Indomaret. Indikator dari
kepuasan konsumen yang kami tulis dikuisioner meliputi kebersihan tempat, dan
juga pelayanan dari pegawai. Namun ternyata, adahal yang membuat konsumen
sedikit tidak puas berbelanja di Indomaret yakni harga yang dibandrol oleh
Indomaret yang dirasa konsumen cukup mahal. Sebenarnya, segala sisi yang ada
pada Indomaret mempengaruhi puas dan tidaknya konsumen yang berbelanja di sana.
Dari surveri yang telah kami lakukan, kami dapat
menarik kesimpulan dan dapat merumuskan sebuah konsep kepuasan pelanggan
berdasarkan dari kuisioner yang telah kami sebar. Konsep tersebut , yakni:
1. Konsumen akan
puas ketika dibantu menyelesaikan masalahnya, misalnya dibantu ketika bingung
mencari tempat barang yang ingin mereka beli
2. Konsumen akan
puas ketika mendapatkan sapaan ramah oleh pegawai. Namun sapaan ini pun harus
bervariasi agar konsumen tidak bosan mendengar sapaan yang berulang-ulang kali diucapkan.
3. Konsumen ketika
mereka nyaman dalam berbelanja, misalnya berbelanja ditempat yang bersih dan
barang-barang yang tersusun rapi.
4. Konsumen akan
puas jika barang yang mereka beli berharga murah namun berkualitas atau paling
tidak sesuai dengan nilai barang tersebut. Ketika harga yang dibandrol jauh
lebih mahal dari nilai barang tersebut, maka konsumen akan merasa tidak puas
dan merasa telah dirugikan
Setelah
melakukan survei tentang pelayanan yang dilakukan oleh salah satu minimarket
yakni Indomaret, kami dapat menyimpulkan bahwa ternyata ketika kami menjual
barang tidak hanya barangnya saja yang penting tapi pelayanan dari penjualan
pun tidak kalah penting dari nilai barang itu sendiri. Survei tersebut sangat
berguna bagi kami jika ingin membuka suatu bisnis baik barang maupunjasa untuk
selalu memperhatikan pelayanan terhadap konsumen. Karena pelayanan yang baik
akan menjaga loyalitas konsumen terhada produk kita.