Kamis, 15 Mei 2014

Program Public Service Communication di Alang-Alang Café Snack and Coffee



Profil Alang-Alang Cafe Snack & Coffee di Hotel Griyadi Montana Malang

Berlokasi di depan Hotel Griyadi Montana Malang, Alang-Alang Snack & Coffee hadir sebagai salah satu alternatif untuk acara cemal-cemil sore. Dengan menu snack andalan Chicken Drum Stick dan Cheese Balls, Alang-Alang juga menyediakan menu kopi dalam negeri. Alang-Alang Café Snack and Coffee juga menyediakan beberapa variasi racikan Mojito, minuman khas Kuba. Semua menu disajikan dengan harga terjangkau, sekitar Rp 5.000 - Rp 26.000. Dilengkapi dengan layanan free wi-fi, gratis Alang-Alang buka mulai 10.00-23.00

Alamat : Jl. Candi Panggung No.2 Malang Utara/Lowokwaru
No.tlp  : (0341) 495885.
Twitter: @alangalangID

Program Public Service Communication di Alang-Alang Cafe Snack and Coffee


Untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik, kelompok  kami menawarkan beberapa program kepada Alang-Alang Café Snack and Coffee diantaranya :
1.      Media Kritik & Saran Pengunjung

Menyediakan Media kritik dan saran yang diletakkan di dekat kasir, Media kritik dan saran ini kami buat berbeda untuk lebih menarik perhatian pelanggan. Media kritik saran berupa sebuah papan yang ditempel pada dinding dan diberi tali-tali yang membentang pada papan tersebut, guna dari tali-tali ini untuk menggantung sticky note yang nantinya berisikan komentar,kritik dan saran. Nantinya para penggan ini akan menuliskan apapun tentang Alang-Alang Café pada sebuah Sticky note, Sticky note dan juga alat tulisnya akan disediakan oleh pegawai di dekat papan, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengisinya. Setelah pelanggan ini menuliskan sesuatu sticky note tersebut akan di gantung pada tali-tali tersebut menggunakan penjepit kertas. Papan Komentar, kritik dan saran digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Alang-Alang Café. Dan Alang-Alang café melalui kritik saran dapat dengan langsung memperbaiki dan memenuhi saran dari pelanggan.

Contoh gambaran media kritik & saran yang akan dipasang :
 


2.      Program Senyum & Sapa Pelanggan

Menyediakan pelayan yang selalu menyambut pelanggan di pintu masuk dan menyapanya. Sapaan ini dapat berbentuk seperti “selamat pagi, ingin memesan meja dengan berapa orang ?” kemudian dilanjutkan dengan mengantarkan pelanggan menuju meja yang dinginkan oleh pelanggan, selanjutnya melayani pesanan pelanggan di tempat. Untuk saat ini program sapaan pengunjung ini masih belum diberlakukan di kafe Alang-Alang Café Snack and Coffee. Karena itu kelompok kami ingin mengajarkan setiap karyawan untuk melakukan program pelayanan ini secara rutin kepada setiap pengunjung yang datang. Diharapkan dengan melakukan program ini, pengunjung yang datang merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan yang maksimal secara ramah dari pihak kafe, sehingga pengunjung akan mau datang lagi ke Alang-Alang Café Snack and Coffee.

3.      Program Peningkatan Pelayanan Kebersihan Kafe

Kelompok kami memformulasikan program pelayanan kebersihan setiap waktu di lokasi kafe untuk membuat setiap pengunjung merasa nyaman dan betah berada di Alang-Alang Café Snack and Coffee. Program kami adalah dengan mengajarkan para karyawan kafe untuk belajar sigap dalam membersihkan kafe baik saat ada pengunjung maupun tidak. Selain itu karyawan diajarkan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengunjung dengan selalu siap membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada meja yang berasal dari pengunjung yang telah pergi. Sehingga saat pengunjung yang baru datang merasa senang menempati mejanya dengan kondisi meja yang telah bersih. Selain itu saat terjadi hal-hal yang diluar kendali, seperti minuman yang tumpah dilantai atau lantai terlihat becek atau kotor yang berasal dari jejak-jejak sepatu pengunjung dari luar akan segera dibersihkan secara langsung oleh karyawan kafe supaya pengunjung tidak terganggu.