Kamis, 22 Mei 2014

Prosedur Handling Complaints Speedy Internet


Speedy adalah merupakan layanan broadband akses internet dari Telkom Indonesia berkualitas tinggi bagi perumahan serta SME (Small Medium Enterprise). Speedy menggunakan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Line Subscriber), MSAN (Multi Service Access Node), dan GPON (Gigabit Passive Optical Network), yang menghantarkan sinyal digital berkecepatan tinggi melalui jaringan telefoni secara optimal bagi keperluan konsumsi konten internet, dengan kecepatan data dari 384 kbps hingga 100 Mbps. Tetapi tidak menutup kemungkinan para pengguna merasa tidak puas dengan layanan akses internet dari speedy.


Gambar 1
            Komplain Layanan Jaringan Speedy 



Gambar 2
Komplain Layanan Jaringan Speedy



Tidak sedikit pelanggan yang merasa kecewa dengan pelayanan yang telah kami berikan dan komplain yang disampaikan juga beraneka ragam mulai dari jaringanya yang buruk, koneksinya lelet, speedy yang sudah dibayar namun belum bisa digunakan dll. Untuk itu kami selaku Kepala Humas dari speedy akan melakukan penanganan yang optimal dan memberikan kemudahan bagi pelanggan agar komplain yang disampaikan bisa segera kami selesaikan. Dalam hal mempermudah pengaduan komplain bisa melalui telepon, email, website, dan bisa datang langsung ke kantor Telkom terdekat. Bagi perusahaan kami pelanggan merupakan hal penting yang harus kita perhatikan dalam menangani komplain perusahaan kami menanganinya dengan cara :

      1. Meyambut komplain
Pelanggan yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan dan ingin memberikan complain akan kami sambut dan berusaha kami layani dengan sepenuh hati sebagai bentuk rasa penyesalan kami terhadap pelayanan yang buruk pada pelanggan.

2. Memudahkan pelanggan untuk komplain
Segala complain yang ingin diberikan oleh pelanggan dapat disampaikan dengan secara mudah. Kami membuka layanan konsumen lewat telepon dan email yang dibuka selama 24 jam. Kami memilih layanan konsumen lewat telepon dan email karena dua hal tersebut mudah untuk diakses oleh pelanggan dimanapun dan kapan pun.

3. Menangani komplain secara cepat
Komplain yang diberikan oleh pelanggan akan kami coba layani sesuai dengan permasalahan yang didapat oleh pelanggan terhadap produk kami. Dengan begitu kami dapat melayani complain secara maksimal kepada para pelanggan.

4. Mendisain kebijakan dan prosedur penanganan komplain yang mendukung penyelesaian komplain secara cepat dan efisien
Segala complain yang diberikan akan ditangani dengan cepat, tepat dan dengan proseur yang benar sehingga pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Karena saat pelanggan merasa kecewa dengan pelayanan yang diberikan dan kita lama dalam merespon hal tersebut, pelanggan tentu akan berhenti dan meninggalkan produk kami karena tidak mendapatkan pelayanan yang tepat. Hal inilah yang menjadi bahan renungan kami untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang terus maksimal.

5. Melatih dan memberdayakan staf
Staf yang dimiliki perusahaan akan terus dikembangkan demi dapat memberikan service yang excellent dengan cara mentraining staf dengan baik semenjak awal staf dipekerjakan. Dengan begitu staf akan melakukan pekerjaannya dengan maksimal sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

6. Mencatat komplain
Mencatat segala complain yang diberikan oleh para pelanggan sehingga kesalahan tersebut dapat dipakai sebagai bahan koreksi perusahaan agar kesalahan tersebut tidak terulang dikemudian hari.

7. Mengkomunikasikan informasi tentang complain garansi dan service recovery
Memberikan informasi kepada para pelanggan tentang complain garansi dan service recovery secara jelas dan benar supaya pelanggan dapat mengerti betul akan hal tersebut.