Strategi Komunikasi Organisasi -- Puskesmas / Non Profit
Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang
sering di sebut Puskesmas Merupakan salah satu
program pemerintah dalam memberikan sarana pelayanan kesehatan dasar gratis bagi masyarakat Indonesia. Puskesmas yang
dikenalkan di Indonesia semenjak tahun 1968 ini terdapat diseluruh pelosok
tanah air. Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan tingkat pertama dan
terdepan dalam sistem pelayanan kesehatan, harus melakukan upaya kesehatan
wajib (basic six) dan beberapa upaya kesehatan pilihan yang disesuaikan
dengan kondisi, kebutuhan, tuntutan, kemampuan dan inovasi serta kebijakan
pemerintah daerah setempat. Puskesmas dalam menyelenggarakan upaya kesehatan
yang bersifat menyeluruh dan terpadu dilaksanakan melalui upaya peningkatan,
pencegahan, penyembuhan, dan pemulihan disertai dengan upaya penunjang yang
diperlukan. Ketersediaan sumber daya baik dari segi kualitas maupun kuantitas,
sangat mempengaruhi pelayanan kesehatan (Profil kesehatan indonesia, 2009).
Hingga saat ini jumlah Puskesmas di
Indonesia telah banyak jumlahnya hampir disetiap daerah ada, tidak hanya di
kota-kota namun juga ada di desa-desa. Jenis pelayanan yang ada di Puskesmas
mengalami peningkat dengan adanya Puskesmas Keliling dan Puskesmas perawatan.
Pembiayaan Puskesmas ditanggung oleh Pemerintah dan program-program inovasi
disesuaikan dengan pemerintah daerah. Puskesmas beroperasi setiap hari senin
sampai sabtu pada rata-rata mulai jam 09.00 sampai 12.00. banyak Masyarakat
yang memilih Puskesmas sebagai rujukan pertama perawatan kesehatan. Namun pada
nyatanya pelayanan Puskemas pemerataan pelayanan yang belum baik, mutu
pelayanan yang belum optimal sehingga belum mampu memuaskan masyarakat,
inefisiensi dan inefektivitas, pola pembiayaan dan pelayanan yang kurang baik,
mutu sumber daya manusia yang memberikan pelayanan masyarakat masih rendah,
ketersediaan dan bahan peralatan yang kurang dan tidak sesuai dengan
penggunaannya.
Menurut kami Strategi Komunikasi Puskesmas yang harus dilakukan sebagai
tempat pelayanan kesehatan pertama masyarakat Indonesia sebaiknya:
a. Dimulai
dari keseluruhan pegawai yang ada di Puskesmas harus berseragam sesuai aturan
yang ada di pemerintah dengan selalu menjaga kebersihan dan kerapian, karena
orang yang bekerja dalam bidang kesehatan harus menjaga kebersihan.
b. Dalam
memberikan pelayanan faktor yang paling penting adalah sabar, ramah dan peduli,
karena Puskesmas melayani setiap orang sakit yang mempunyai berbagai penyakit
dan keluhan untuk itu dalam melayani harus sabar dan ramah.
c. Bisa
berkomunikasi dengan berbagai pasien yang datang dengan baik yaitu tanggap dan
lugas, apa yang dikeluhkan oleh pasien agar bisa dimengerti.
d. Meningkatkan
kinerja sumber daya yang ada di Puskesmas hal ini disesuaikan dengan
pekerjaanya misalnya Doketer, Perawat, Apoteker yang harus bekerja sesuai
dengan tanggungjawabnya masing-masing.
e. Selalu
memberikan pelayanan dengan hati dan senyuman, yang dimaksudkan adalah
memberikan pelayanan dengan tulus tanpa pamrih karena Puskesmas sebagai tempat kesehatan yang ditanggung pemerintah bukan untuk mencari profit dan
senyuman yang diberikan kepada
pasien-pasien sangatlah berarti tidak menutup kemungkinan senyuman bisa membuat
pasien tetap bersemangat meskipun dalam keadaan sakit.
f. Memberikan
pelayanan yang adil bagi semua pasien dan tidak membeda-bedakan anatara pasien
yang mampu maupun kurang mampu.
g. Memberikan
pelayanan yang cepat dan tanggap.
Fasilitas yang seharusnya diberikan oleh
Puskesmas:
a. Tempat
Puskesmas yang nyaman dan harus memenuhi standart pelayanan kesehatan bersih,
rapi dan wangi.
b. Menyediakan
peralatan medis yang memadai, meskipun hanya Puskesmas peralatan yang
disediakan harus memenuhi standart.
c. Menyediakan
obat-obatan yang cukup dan lengkap untuk pasien.
d. Memberikan
Sumber Daya Manusia yang berkomepeten dalam bidangnya dalam tanda kutip “bukan
abal-abal” meskipun hanya Puskesmas.
e. Memberikan
pelayanan 24 Jam dan juga menyediakan Puskesmas untuk rawat-inap, karena orang
yang sakit bisa kapan saja dan jika dilihat sekarang ini biaya pengobatan yang
cenderung mahal masyarakat lebih memilih Puskesmas ketimbang Rumah Sakit jika
Puskesmas tersebut mempunyai service
exellent yang dibutuhkan pasien.
Strategi Komunikasi Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan pertama
masyarakat Indonesia sebaiknya selalu memberikan pelayan yang optimal,jangan
karena ditanggung pemerintah dan murah sehingga bertindak tidak optimal, tidak
sesuai dengan kebutuhan pasien. Dimulai dengan pelayanan yang diberikan oleh
petugas loket pendaftaran pegobatan harus lebih ramah dan bersemangat, karena
petugas loket pendaftaran sebagai orang yang pertama berkomunikasi dengan
pasien. Dokter-dokter yang melayani pasien juga harus lebih ramah, peduli, dan
bekerja dengan optimal, karena beberapa keadaan sering sekali pelayanan oleh
dokter-dokter Puskesmas tidak optimal dn
terkesan apa adanya. Meningkatkan kinerja sumber daya manusia yang ada disana
agar lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan publik. Fasilitas penunjang
pengobatan di Puskesmas kurang memadai sehingga banyak kasus pasien di
korbankan dan tidak terurus karena ketidak ketersedian alat-alat medis dasar
yang dibutuhkan. Gedung-gedung Puskesmas terkesan seperti bangunan lama yang
tidak begitu terurus sehingga menimbulkan suasanan yang kurang nyaman pagi
pasien. Banguan-bangunan Puskesmas hendaknya segera direnovasi dan diperbaruhi
serta dijaga keindahan dan kebersihannya. Jam operasional puskesmas yang sangat
terbatas seperti itu biasanya tidak digunakan dengan maksimal oleh pekerja Puskesmas,
Seharusnya dengan wakttu yang cukup pendek tersebut dapat menggunakannya dengan
optimal.
Strategi Komunikasi -- Hotel Sahid Montana Dua / Profit
Hotel Sahid Montana Dua dulunya
memiliki nama Hotel Griyadi Montana dengan kualitas bintang dua. Hotel Griyadi
Montana berdiri pada tahun 1993. Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun
2009 lalu, hotel ini bergabung dengan Sahid Group sehingga memiliki perubahan
nama menjadi Hotel Sahid Montana Dua dengan kualitas bintang tiga. Hotel Sahid
Montana Dua terletak di daerah sub-urban Malang, sedangkan untuk Hotel Sahid
Montana Satu terletak di Jalan Kahuripan yang merupakan jantung kota Malang.
Baik Hotel Sahid Montana maupun Sahid
Montana Dua sangat cocok untuk bersantai, pertemuan, gathering, pameran,
dan pesta pernikahan. Semuanya memiliki keunikan dan kelebihannya
masing-masing. "Cinnamon Snack & Coffee" di Hotel Sahid Montana
dan "Alang-Alang Snack & Coffee" di Hotel Sahid Montana Dua
adalah fasilitas tambahan bagi pelanggan untuk sekedar bersantai atau bahkan
untuk mengadakan rapat dan pertemuan.
Hotel ini dirancang dengan baik dengan 61
kamar dan suite, serta berbagai ruang pertemuan kapasitas dalam lanskap
yang luas. Keunggulan
yang dimiliki oleh Hotel Sahid Montana Dua adalah
konsep selayaknya cottage yang natural dan bersahabat dengan alam,
tentunya konsep seperti ini akan sulit sekali kita temui pada hotel-hotel yang
berada di dalam kota. Dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan taman yang
indah, membuat hotel ini menjadi tempat yang nyaman untuk disinggahi.
Merger
dengan sahid group merupakan salah satu strategi Hotel Sahid Montana Dua Malang
untuk membentuk image nya di kalangan masyarakat. Sehingga semua pelayanan dan
budaya organisasinya mengadaptasi milik Sahid Group. Briefing dilakukan setiap
hari untuk menghindari terjadinya konflik-konflik yang dapat mempengaruhi citra
perusahaan tersebut.
Untuk terus
meningkatkan prestasi dan citra dari sebuah perusahaan / organisasi bukanlah
hal yang mudah. Banyak hal yang perlu dilakukan dan ditingkatkan agar nama
perusahaan / organisasi tersebut terus mempunyai citra yang kuat. Salah satu
hal yang perlu dilakukan antara lain adalah menyusun strategi komunikasi yang
baik bagi perusahaan.
Strategi komunikasi
yang kami rancang untuk hotel Sahid Montana antara lain :
- Pelayanan yang diberikan haruslah pelayanan yang terbaik. Pelayanan terbaik disini dapat berarti memberikan pelayanan yang cepat, tanggap dan benar. Hal ini bertujuan agar para tamu merasa nyaman dan puas akan pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel.
- Para karyawan dituntut untuk selalu bekerja dengan senyum, dengan begitu kesan ramah dan sabar akan terus tercipta dilingkungan hotel Sahid Montana Dua. Kinerja sumber daya yang ada juga harus terus ditingkatkan sesuai dengan bagian masing-masing.
- Selalu berkomunikasi dengan baik kepada setiap tamu yang ada. Sehingga segala hal yang dikeluhkan oleh para tamu dapat dilayani dengan baik dan benar.
- Mendesain seragam perusahaan, dimana seragam setiap
bagian dari hotel Sahid Montana didesain memiliki ciri khas yang menonjol dari
perusahaan. Hal ini dilakukan agar para tamu yang datang memiliki kesan yang special
terhadap penampilan dari para karyawan hotel Sahid Montana.
Sebenarnya tidak hanya
sampai disitu, namun strategi komunikasi dapat ditingkatkan melalui dengan
penampilan hotel yang terus ditingkatkan, seperti dalam hal kebersihan,
kerapihan dan kenyamanan adalah hal-hal penting yang harus ditingkatkan. Dengan
begitu tamu dapat secara nyaman dan leluasa berada dilingkungan hotel Sahid
Montana.
Dengan menonjolkan image
para communicator performance, diharapkan para tamu mendapatkan kesan yang baik
terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar